Blog berisi artikel atau tulisan seputar Bulan Ramadan

Wednesday, 17 June 2015

Kompaknya Awal Puasa Akan Berlangsung Hingga Tahun 2023

Kompaknya Awal Puasa Akan Berlangsung Hingga Tahun 2023|| Pemerintah sudah mengumumkan bahwa awal puasa jatuh pada hari Kamis 18 Juni 2015, itu berarti sama dengan versi Muhammadiyah yang sebelumnya sudah menepatan awal puasa pada 18 Juni juga. Meski menggunakan cara yang berbeda namun menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin memperkirakan penetapan awal puasa akan selalu kompak hingga tahun 2023 mendatang.

“Insya Allah kondisi seperti ini (Muhammadiyah dan NU sama) akan berlangsung katanya sampai 2023,” ujar Din di Istana Kepresidenan, Selasa (16/6/2015).

Kalo memang benar bakalan kompak hingga 8 tahun mendatang yah, bagus dong! bagus lagi tuh kalau kompak selamanya jadi gak ada acara debat-depat terkait awal puasa, tapi ya kalau misal beda ya wajar juga karena metode yang dipakai beda gitu kan.

Dan kalau pun beda ya harusnya gak perlu diributkan tentang siapa yang paling benar, karena itu semua terkait kepercayaan masing-masing dan dari pada depat kan mending fokus pada ibadahnya aja gitu kan.

Monday, 1 June 2015

Tata Cara Pelaksanaan Nisfu Sya’ban 2015, 2 Juni (Senin Malam)!


Nisfu Sya’ban 2015 Jatuh Pada 2 Juni (Senin Malam 1 Juni) || Nisfu Sya’ban ialah hari atau tanggal yang jatuh pada pertengahan bulan Sya’ban dimana untuk tahun 2015 jatuh pada 2 Juni atau Senin malam 1 juni. Nisfu Sya’ban, malam yang sangat di hormati dan penuh dengan keutamaan pada malam Nisfu Sya’ban, baik dalam keterangan Hadits Sahih sampai Hadits gharib. Malaman Nisfu Sya’ban pada tahun sekarang jatuh pada bulan April 2015, tepatnya 15 Sya’ban 1435 H jatuh hari Selasa, 2 Juni 2015, tetapi untuk pelaksanaan Ibadahnya yaitu pada malam Senin.

Bagaimana cara pelaksanaan Ibadah pada malam Nisfu Sya’ban? Inilah Tata Cara Pelaksanaan Nisfu Sya’ban. Usai Anda melaksanakan Shalat Maghrib, Anda disunatkan membaca Doa dibawah ini:



Setelah selesai, maka Anda dianjurkan untuk membaca QS Yasin sebanyak 3 Kali diiringi niat sesudah 1 kali selesai membacakan surat Yasin, tata caranya kurang lebih seperti ini :

1. Selesai membaca QS yasin petama, selanjutnya Anda berniat di dalam hati, Inilah Niatnya: ‘Semoga Saya di berikan panjang umur yang Bermanfaat dan Barokah, Untuk Beribadah dan Ta’at kepada Alloh SWT’.

2. Selesai membaca QS yasin yang kedua, selanjutnya Anda berniat di dalam hati, Inilah Niatnya : ‘Semoga Saya ditetapkan iman dan islam, dan di jauhkan dari bala bencana Allah SWT’

3. Selesai membaca QS yasin yang ketiga, selanjutnya Anda berniat di dalam hati, Inilah Niatnya: ‘Semoga Saya di beri Rizki yang cukup juga bermanfaat dan barokah oleh Allah SWT’/

Semoga bermanfaat bagi anda yang mencari informasi seputar Nisfu Sya’ban 2015.

Thursday, 11 July 2013

Bahaya Tidur Setelah Sahur

Habis sahur terus tidur lagi itu adalah hal yang nikmat sekali bagi sejumlah orang. Memang sih tidur itu tidak dilarang, apalagi ada istilah tidurnya orang puasa itu adalah ibadah. Aman gak sih tidur setelah sahur? nyaman sih iya, tapi belum tentu aman karena tidur setelah sahur itu ada dampaknya. Apa dampak tidur setelah sahur? dampaknya antara lain perut akan jadi buncit karena saat tidur tubuh jadi hemat energi dan secara otomatis lemak akan mudah tertimbun di perut kita.

Juga akan terjadi refluks, karena makanan belum dicerna maka bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi akibat kita tidur. Kalau normalnya isi lambung/maag akan kosong kembali sekitar dua jam setelah kita makan, tapi kalau posisi tubuh kita berada pada posisi baring, maka proses pengosongan lambung/maag akan terhambat/terlambat. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya gangguan pencernaan seperti mencret atau sembelit tergantung bahan makanan yang kita makan.

Bahaya tidur setelah sahur yang lain adalah meningkatnya resiko terkena stroke. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke.

Dengan berbagai kemungkinan dampak negatif tidur setelah sahur itu tak heran jika  banyak ulama berpendapat bahwa tidur setelah makan sahur sebaiknya tidak di lakukan . Rasulullah SAW bersabda,"Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras."(HR Abu Nu'aim dari Aisyah r.a.).

Gimana, masih tertarik untuk tidur setelah sahur?

Wednesday, 10 July 2013

Tip Puasa Bagi Penderita Mag

Puasa bulan ramadhan memang menjadi moment yang sangat ditungu-tunggu. Setiap orang pasti ingin bisa menjalani puasa ramadhan selama 30 hari penuh. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya karena mungkin ada berbagai alasan, entah sakit atau bagi yang wanita sedang haid dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan para penderita sakit mag? sakit mag sangat berhubungan dengan makanan dan lambung, penderita sakit mag biasanya adalah karena pola makan yang tidak teratur.

Nah, ketika sedang sakit mag tentu dianjurkan untuk rutin makan agar lambung tidak kosong. Lalu, gimana kalau puasa? puasa itu kan tidak makan dan tidak minum selama berjam-jam, apakah itu nanti tidak menyakitkan bagi penderita mag? Berikut adalah Tip Puasa Bagi Penderita Mag Agar Tidak Kambuh Selama Puasa.

Bagi anda yang sekiranya punya penyakit mag dan tidak ingin mag itu kambuh ketika mejalankan ibadah puasa itu cara sederhanya adalah harus melaksanakan sahur dan berbuka puasa. Jadi intinya adalah perlambatlah sahur dan percepatlah ketika datang waktu berbuka. Jangan sampai terbalik,atau bahkan tidak dilakukan. Bagi yang punya penyakit mag kronis, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi obat-obatannya.

Biar bagaimanapun puasa ramadhan adalah sebuah kewajiban yang harus dijalankan, bila sedang sakit mag pun ya usahakan tetep menjalankan dengan baik, agar tetap bisa puasa namun mag juga tidak kambuh.

Tuesday, 9 July 2013

Shalat Tarawih Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu bagi para muslim, kenapa? karena bulan ramadhan itu istimewa. Salah satu keistimewaan bulan ramadhan adalah ada ibadah khusus yakni shalat tarawih. Dan shalat tarawih itu sendiri hanya ada dibulan ramadhan, tidak ada dibulan-bulan yang lain. Lalu apa hukumnya shalat tarawih dibulan ramadhan? hukum shalat tarawih bulan ramadhan adalah mustahab (sunnah),tapi termasuk sunnah yang dianjurkan. Shalat tarawih menjadi salah satu ibadah sunnah yang sangat diinginkan ketika bulan ramadhan. Shalat tarawih itu bisa dilakukan secara berjamaah atau pun sendiri tapi tetap dianjurkan berjamaah.

Kenapa disebut tarawih (istirahat)? karena para jama’ah yang pertama kali berkumpul untuk qiyamu Ramadhan ber-istirahat setelah dua kali salam (yaitu setelah melaksanakan 2 raka’at ditutup dengan salam kemudian mengerjakan 2 raka’at lagi lalu ditutup dengan salam).

Berapa jumlah raka'at shalat tarawih? ada yang melakukan sebanyak 8 raka'at kemudian witir jadi 11 raka'at, namun ada juga yang 20 raka'at. Sebagian ulama mengatakan bahwa shalat malam yang dilakukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah 11 raka’at. Adapun dua raka’at lainnya adalah dua raka’at ringan yang dikerjakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai pembuka melaksanakan shalat malam, sebagaimana hal ini dikatakan oleh Ibn Hajar dalam Fathul Bari [4/123].

Ibn Hajar al-Haitsamiy mengatakan, “Tidak ada satu hadits shahih pun yang menjelaskan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shalat Tarawih 20 raka’at. Adapun hadits yang mengatakan “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melaksanakan shalat (Tarawih) 20 raka’at”, ini adalah hadits yang sangat-sangat lemah.” (Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Quwaitiyyah [2/9635]).

Awal Puasa Diluar Negeri 10 Juli 2013

Setelah sidang isbat yang digelar senin 8 Juli 2013 akhirnya pemerintah menetapkan awal ramadhan rabu 10 Juli 2013. Namun demikian ada pula yang mulai puasa pada hari Selasa 9 Juli 2013. Lalu gimana dengan awal ramadhan diluar Indonesia? ternyata sama dengan pemerintah Indonesia karena Awal Puasa Diluar Negeri 10 Juli 2013. Negara yang menetapkan awal ramadhan rabu 10 Juli 2013 itu antara lain Jordania, Arab Saudi, Mesir, Singapura, Malaysia.

Di Jordania dan Arab Saudi, rukyat hilal menjadi patokan untuk menetapkan awal Ramadan. Jika hilal tidak terlihat, pihak berwenang menetapkan bulan Syaban digenapkan menjadi 30 hari. Di Arab Saudi, Pengadilan Agama Kerajaan dalam satu pernyataannya mengatakan, "9 Juli akan menjadi hari ke-30 bulan Sya'ban dan bulan suci Ramadhan dimulai pada 10 Juli"

Ya, memang sepertinya untuk awal ramadhan 2013 ini mayoritas memulai awal ramadhan pada rabu 10 Juli 2013. Namun di Indonesia sendiri ada perbedaan, ada yang sudah mulai selasa ada yang mulai rabu. Semoga perbedaan yang ada tidak membuat anda bingung dan ragu. Mulai kapan silakan, yakinlah dengan bismillah.

Baca Juga Tulisan Dibawah ini: