Blog berisi artikel atau tulisan seputar Bulan Ramadan

Inilah Manfaat Tidur Setelah Sahur Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan!

Inilah Manfaat Tidur Setelah Sahur || Ketika bulan puasa pola tidur sudah otomatis berubah karena pagi dini hari pasti bangun untuk makan sahur. Kurang tidur bisa menimpulkan tak semangat, lemas dan semacamnya padahal siangnya harus beraktivitas seperti biasa gitu kan, entah itu bekerja atau kuliah dan lain sebagainya. Itu berarti penting untuk menjaga agar tidur tetep cukup, porsi tidur orang memang berbeda-beda tapi tidur 7 - 8 Jam sehari itu adalah porsi yang tepat bagi tubuh.

Dan tahu gak sih? ternyata tidur maksimal 2 jam setelah sahur atau shalat subuh itu bermanfaat bagi tubuh yakni membantu kita lebih semangat untuk memulai hari. Tubuh juga tetap enerjik meski perut kosong saat berpuasa sehari penuh.

Hal itu diungkapkan oleh Spesialis Neurologi Rumah Sakit Memorial Sisli di Turki, Abdullah Ozkardes yang mengatakan bahwa masalah tidur kerap terjadi pada Ramadan akibat pola dan waktu tidur sehari-hari mengalami perubahan. Oleh karena itu, tidurlah dua jam setelah sahur guna membuat kita lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tapi tidur lebih dari dua jam setelah subuh efeknya buruk.

"Tapi, tidur lebih dari waktu itu memiliki efek negatif bagi kinerja tubuh sepanjang hari," kata Abdullah dikutip dari situs Todays Zaman

Dan soal makanan yang dikonsumsi saat sahur atau buka pun ternyata bisa mempengaruhi pola tidur seseorang loh:

"Orang yang mengonsumsi banyak teh dan kopi saat buka puasa dan sahur memiliki perasaan lebih mudah cemas dan mengalami kesulitan untuk tidur teratur," kata dia menambahkan.

Abdullah menjelaskan bahwa tidur sudah jelas bermanfaat bagi otak, dimana Otak akan mampu bekerja dengan maksimal, asalkan kita tidur dengan waktu yang cukup. Tidak kurang dan tidak juga berlebihan.

Masing-masing orang memiliki waktu tidur yang bervariasi. Dari empat sampai 11 jam. Namun, tidur selama tujuh sampai delapan jam akan mendatangkan manfaat bagi kita.

Jadi seperti itu ya, ternyata tidur setelah sahur atau salat subuh itu bermanfaat untuk menjaga semangat dalam beraktivitas disiang harinya tapi ingat ya waktunya maksimal 2 jam karena lebih dari itu tidak bagus buat tubuh, tidak bagus juga untuk yang lainnya misal bisa jadi telat berangkat kerja. Meski tidur setelah sahur itu bermanfaat tapi ada pula yang mengatakan bahwa tidur setelah sahur itu bahaya loh terutama berkaitan dengan proses pencernaan makanan, selengkapnya baca dipostingan:


Oke deh, selamat menjalankan ibadah puasa ya! semoga puasanya lancar, istirahat juga cukup! soal mau tidur atau enggak setelah sahur pastikan kamu sudah membaca tulisan bahaya tidur setelah sahur! Yang pasti hal yang harus dihindari adalah begitu selesai makan langsung tidur, paling enggak harus ada jeda, jangan yang habis makan nyam-nyam-nyammmmm...... langsung mak bleksek tidurrrrr!!!!

Salam,
http://ceritaramadan.blogspot.com/

G+

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga Tulisan Dibawah ini: