Blog berisi artikel atau tulisan seputar Bulan Ramadan

Penentuan Awal Ramadan, NU Tetap Berpegang pada Hasil Rukyat

Tinggal menghitung hari puasa Bulan Ramadhan akan segera tiba, nampaknya Penetapan Awal Bulan Ramadhan 2013 akan berbeda-beda nih, kalau Muhamadiyah menetapkan awal bulan ramadhan 2013 pada tanggal 9 Juli 2013. Namun Penentuan Awal Ramadan, NU Tetap Berpegang pada Hasil Rukyat dan baru akan mulai melaksanaan motode rukyat pada tanggal 28 Sya'ban 1434 H atau bertepatan tanggal 8 Juli 2013 mendatang, jadi pastinya mulai puasa kapan ya nunggu hasil rukyat nanti.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) belum menentukan awal puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2013. NU akan tetap mempertahankan metode rukyat atau melihat hilal sebagai penanda awal bulan untuk penentuannya. Meski tetep menggunakan metode rukyat tapi NU menolak anggapan pilihan penentuan awal bulan melalui metode rukyat adalah bentuk ketertinggalan dari kemajuan teknologi.

Terkait seringnya muncul mendung dalam metode rukyat biasanya mengakibatkan penentuan awal bulan terkendala. Karena metodenya tidak sama sehingga perbedaan menjadi hal yang wajar terjadi di Timur Tengah, tapi bukan dalam satu negara melainkan di negara-negara yang berbeda.

G+

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga Tulisan Dibawah ini: