Blog berisi artikel atau tulisan seputar Bulan Ramadan

Tip Puasa Bulan Ramadhan Bagi Penderita Diabetes

Setiap muslim pasti ingin menjalankan ibadah puasa bulan ramadhan, namun tak setiap orang bisa menjalankan dengan lancar. Kadang ada hal yang tidak memungkinkan untuk menjalankan puasa bulan ramadhan, misalnya karena sakit. Berikut adalah Tip Puasa Bulan Ramadhan Bagi Penderita Diabetes.

  • Melakukan pemeriksaan gula darah beberapa kali dalam sehari, khususnya bagi penderita diabetes mellitus tipe 1 dan 2 yang mendapat insulin. Tujuannya, penderita mengetahui risiko dan cara mengantisipasinya. Pemeriksaan gula darah bisa dilakukan sebelum berbuka dan dua jam setelah berbuka, sebelum tidur, sebelum sahur, tengah hari dan sesuai kebutuhan.
  • Sahur dianjurkan mendekati imsak dengan mengubah jadwal, jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi. Penyesuaian jumlah dilakukan sesuai dosis obat dan insulin.
  • Sebaiknya melakukan pembagian porsi makan saat berbuka hingga sahur dengan porsi makan saat sahur 50 persen, setelah Tarawih 10 persen dan Maghrib 40 persen dari total kebutuhan kalori per hari.
  • Pembatalan puasa dapat dilakukan jika terjadi tanda-tanda hipoglikemia atau kadar gula kurang dari 60 mg/dl.

Saat berpuasa, asupan cairan yang terbatas dapat menyebabkan dehidrasi yang kemudian akan menyebabkan meningkatnya kekentalan darah dan risiko trombosis. Di sinilah fungsi pengelolaan diabetes yang baik agar dapat menjalankan ibadah puasa secara normal. Jadi buat anda penderita diabetes yang menjalankan ibadah puasa bulan ramadhan jangan lupa Tip Puasa Bulan Ramadhan Bagi Penderita Diabetes diatas ya.

G+

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga Tulisan Dibawah ini: