Blog berisi artikel atau tulisan seputar Bulan Ramadan

Shalat Tarawih Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu bagi para muslim, kenapa? karena bulan ramadhan itu istimewa. Salah satu keistimewaan bulan ramadhan adalah ada ibadah khusus yakni shalat tarawih. Dan shalat tarawih itu sendiri hanya ada dibulan ramadhan, tidak ada dibulan-bulan yang lain. Lalu apa hukumnya shalat tarawih dibulan ramadhan? hukum shalat tarawih bulan ramadhan adalah mustahab (sunnah),tapi termasuk sunnah yang dianjurkan. Shalat tarawih menjadi salah satu ibadah sunnah yang sangat diinginkan ketika bulan ramadhan. Shalat tarawih itu bisa dilakukan secara berjamaah atau pun sendiri tapi tetap dianjurkan berjamaah.

Kenapa disebut tarawih (istirahat)? karena para jama’ah yang pertama kali berkumpul untuk qiyamu Ramadhan ber-istirahat setelah dua kali salam (yaitu setelah melaksanakan 2 raka’at ditutup dengan salam kemudian mengerjakan 2 raka’at lagi lalu ditutup dengan salam).

Berapa jumlah raka'at shalat tarawih? ada yang melakukan sebanyak 8 raka'at kemudian witir jadi 11 raka'at, namun ada juga yang 20 raka'at. Sebagian ulama mengatakan bahwa shalat malam yang dilakukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah 11 raka’at. Adapun dua raka’at lainnya adalah dua raka’at ringan yang dikerjakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai pembuka melaksanakan shalat malam, sebagaimana hal ini dikatakan oleh Ibn Hajar dalam Fathul Bari [4/123].

Ibn Hajar al-Haitsamiy mengatakan, “Tidak ada satu hadits shahih pun yang menjelaskan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shalat Tarawih 20 raka’at. Adapun hadits yang mengatakan “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melaksanakan shalat (Tarawih) 20 raka’at”, ini adalah hadits yang sangat-sangat lemah.” (Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Quwaitiyyah [2/9635]).

G+

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga Tulisan Dibawah ini: